Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Menulis Artikel

6 Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menulis Artikel
Semakin maraknya dunia blogging maka semakin banyak pula orang yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat konten atau artikel yang berkualitas? Bagi seorang Blogger menulis artikel tidak hanya di pakai untuk sekedar hobi saja loh, sekarang banyak Blogger yang bisa menghasilkan uang lewat Blognya entah itu dari hasil iklan Google Adsense, Menjual Produk, Jasa, dan masih banyak lagi.

Namun Sebelum sobat terjun lebih jauh untuk menekuni Blog alangkah baiknya sobat harus mengetahui terlebih dahulu bahwa di dalam Blog itu harus banyak menulis artikel yang berkualitas. Nah kali ini saya akan membagikan sebuah cara dan hal apa saja yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah artikel supaya artikel kita bisa tergolong kedalam jajaran artikel yang berkualitas. Di bawah ini saya sudah mempersiapkan Artikel tentang :

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menulis Artikel.

1. Menentukan Judul

Judul merupakan komponen yang sangat berharga dalam menyusun sebuah artikel. Tanpa judul orang yang membaca akan kesulitan dalam menentukan topik yang sedang dibaca. Karena jika sobat membuat artikel tanpa adanya judul maka tidak akan ada daya tarik dan klik bagi pengunjung. Oleh karena itu hal ini sangat penting sekali untuk di perhatikan bagi sobat yang sedang belajar membuat artikel untuk konten blog dan lebih bagusnya lagi sobat harus membuat judul artikel yang tertarget.

2. Dilarang Meng-Copas (Copy Paste) 

Hal yang harus di perhatikan selanjutnya yaitu tidak copy paste hasil karya orang lain. Karena pada dasarnya menjiplak hasil orang lain akan membuat akun blog kita menjadi tercoreng bahkan bisa sampai ter banned oleh Google Search Engine. Jika sobat masih terus menggunakan kebiasaan copy paste maka hal itu akan menjadikan malapetaka yang begitu besar dan kerugian yang sangat banyak, Sehingga apa yang sobat cita-citakan tidak akan tercapai.

3. Blog Walking ( Mengunjungi situs orang lain)

Dari dulu hingga sekarang banyak sekali orang yang sering melakukan Blog Walking tetapi orang tersebut bukan nya membaca dan mempelajari isi artikel tersebut, melainkan mengcopy paste dan memindahkannya di Blog sendiri.
Bukan itu yang di maksud Blog Walking, Blog Walking adalah melakukan studi banding untuk di jadikan reperensi dalam membuat artikel, Contoh soal :

  • Blog A : 6 Cara Cepat Menulis Artikel Berkualitas Terbaru 2020
  • Blog B : 4 Tips Jitu Untuk Menulis Artikel Berkualitas Dengan Cepat
Maksud dan tujuan artikel kedua blog tersebut sama-sama membahas tentang "Cara Menulis Artikel Berkualitas Dengan Cepat". Nah Yang di sebut Blog Walking yaitu Membaca dan Memahami isi artikel kedua Blog tersebut, Sesudah sobat paham dan menguasai pengetahuan yang sudah sobat baca, Kemudian sobat buat sebuah Artikel menggunakan bahasa sendiri pemahaman sendiri dengan Reperensi dari kedua Blog Tersebut. Faham ? Lanjut.


4. Masuk Grup tentang Blogger

Ada Banyak grup Baik di WhatsApp, Facebook, Instagram, Line dan grup-grup media sosial lainnya. Yang di dalam nya banyak membahas informasi seputar Blogging. Hal tersebut akan membuat kita bertambahnya pengalaman sehingga kita bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Syarat nya di dalam grup tersebut kita harus aktif dalam artian belajar shering-shering dengan teman grup, saling mendukung,  saling support dan tidak meremehkan atau menjatuhkan hasil orang lain dan jangan merasa malu untuk bertanya. Ibarat pepatah mengatakan "Malu Bertanya Sesat Dijalan".

5. Selalu Berlatih dan Jangan Putus asa

Hal selanjutnya yaitu sering lah berlatih karena dengan sering berlatih kita akan menjadi ahli dan bisa dengan sendirinya. Jangan berputus asa karena hal itu akan membuat kita semakin tidak percaya diri dengan kemampuan kita maka akan semakin jauh dengan apa yang namanya keberhasilan.

6. Menggunakan Bahasa sendiri

Ciri khas dalam membuat artikel yaitu menggunakan bahasa sendiri walaupun bahasa kita tidak sebagus tutur kata orang yang sudah mumpuni. Kita tidak boleh meremehkan diri kita sendiri dan janganlah malu untuk membuat artikel dengan bahasa seadanya karena kita dalam tahap belajar bukan tahap master atau legend.

Barangkali itu saja yang bisa saya sampaikan semoga apa yang saya buat bisa menjadi sebuah karya yang dapat membantu keluh kesah para pembaca semuanya terutama bagi para blogger pemula seperti saya. Sekian Dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "6 Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Menulis Artikel"

Berlangganan via Email