Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Belajar Ilmu Agama di Pesantren

Pentingnya Belajar Ilmu Agama di Pesantren
Sumber : Islam.nu.or.id


Pesantren merupakan sebuah lembaga atau sekolah yang bersifat Non formal, kenapa di sebut Non formal???karena pesantren lebih mendalami ilmu agama islam.

Berbeda dengan sekolah, sekolah  pada umumnya hanya mempelajari ilmu dunia bukan ilmu akhirat.

akan tetapi kalau kita hanya belajar di pesantren saja hal itu tidak cukup untuk menambahkan ilmu pengetahuan tentang urusan dunia begitu pun sebaliknya.

Akan tetapi saya ingin memberikan solusi tentang pilihan mengenyam ilmu pendidikan yang lebih efisien yaitu sekolah sambil pesantren.

Mengapa demikian? karena di jaman yang serba canggih ini manusia lebih sedikit untuk ber akhlak baik, sejatinya sekarang banyak permasalahan permasalahan baik masalah pribadi atau pun masalah umum.

Hal itu terjadi Karena kurangnya ilmu pengetahuan tentang ilmu agama.

Pesantren sendiri sekarang juga Sudah banyak yang menjalani kerjasama dengan lembaga Formal seperti sekolah pada umumnya.

Hanya saja pesantren hanya dipandang sebelah tidak seperti sekolah-sekolah elite lainnya yang banyak bantuan untuk semua fasilitas, sarana dan prasarana , dan alat-alat penunjang kegiatan belajar mengajar yang lainnya.

Tetapi menurut pribadi saya walaupun pesantren hanya di pandang sebelah mata oleh sebagian orang, saya tetap memilih pesantren sebagai tempat belajar yang tiada bandingan nya di seluruh dunia.

Karena pesantren lah yang banyak mencetak kader generasi para Ulama dan pesantren juga yang banyak membantu mendidik akhlak dan kepribadian manusia khususnya. 

Berikut Ini beberapa Pilihan Pesantren Yang sudah terkenal di Indonesia bahkan sampai Luar Indonesia  :


Pesantren yang beralamatkan di  Jl. Irian Jaya No. 10, Tebuireng Jombang Jawa Timur. Merupakan Pesantren yang didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. HASYIM 'ASY'ARI atau lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan nama Mbah Hasyim.

Memang suatu Anuggrah ilahi karena dahulunya Mbah Hasyim sendiri merupakan Pahlawan Nasional yang ikut membela Tanah Air Indonesia dari para penjajah dan Ulama yang sangat berlimpah ilmunya.

Mbah Hasyim ialah salah satu Ulama yang mendirikan lembaga dalam agama islam yaitu Nahdlotul Ulama dan sekaligus Kakek dari Gusdur yang sempat menjadi Presiden Indonesia Ke 4 dari tahun 1999 sampai 2004.


Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Musri' , dahulunya nama Pesantren ini hanya Miftahul Huda saja.

Kini nama pesantren ini ditambah akhiranya dengan Nama Al-Musri' karena keunggulannya dalam metode belajar yang bisa dibilang singkat hanya dalam kurun waktu 7 tahun, santri yang sudah tamat modok disini dalam waktu 7 tahun akan menyandang gelar akademik sebagai Ustadz dan sudah bisa mengamalkan ilmunya di rumah masing-masing.

Ypp Miftahul Huda Al-Musri' beralamatkan di Kp. Ciendog Rt. 03 Rw. 07 Desa kertajaya Kec. Ciranjang Kab. Cianjur – Jawa Barat. Pondok Pesantren Ini merupakan Salah satu Pondok Pesantren terbesar di Jawa Barat.

Mama KH. Ahmad Faqih (pendiri pertama) adalah seorang alumnus Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya, yang pada waktu itu dipimpin langsung oleh KH. Zaenal Musthofa yang dikenal sebagai Pahlawan Nasional, dalam beberapa tahun beliau mempelajari ilmu agama di Pesantren tersebut.

Setelah beliau dianggap cukup untuk bermuqim dan mengembangkan ilmu yang diperolehnya, beliau diberi tugas membuka Pondok Pesantren di kampung halamannya yang tepatnya di Kebon Kalapa Tasikmalaya, hal ini terjadi pada tahun 1936 M.

Amanat Guru beliau yaitu harus tetap didalam jalur Ahli Sunnah Waljama’ah dan harus ada dalam naungan organisasi NU (Nahdlatul Ulama) dikerjakan dengan sangat tekun dan istiqomah, sehingga para santri berdatangan dari daerah Cibeureum dan sekitarnya, dan pada awal tahun 1946 M santrinya berjumlah 200 orang.


Pondok Pesantren Suryalaya didirikan oleh Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad atau yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Sepuh.

Pesantren ini didirikan tidak semudah seperti mendirikan pesantren-pesantren yang lain pada masa pendiriannya banyak rintangan dan hambatan yang begitu besar apalagi lokasinya geografis karena dulu merupakan hutan belantara berbeda dengan sekarang yang sudah menjadi kota.

Pesantren ini terletak di Dsn Godebag Ds Kertajaya Kec Pagerageung Kab Tasikmalaya Jawa Barat dan Juga termasuk salah satu Pesantren terbesar di Jawa Barat.

Pesantren yang terkenal di seluruh Indonesia dan juga dunia ini adalah Pusat Toriqoh Qodiriyyah Naqsabandiyah sehingga banyak sekali jamaah baik dalam maupun luar negeri yang sering mengikuti Manakiban dalam waktu satu bulan sekali.

Nah itudia Mengapa Belajar di pesantren Begitu penting, selain mendapatkan banyak ilmu tentang agama islam kita juga akan tahu bagaimana susahnya perjuangan untuk mendirikan pesantren karena mendirikan pesantren bukan hal yang gampang.

Maka dari itu Jangan sekali-kali memandang pesantren sebelah mata , sejatinya kita harus menghormati para Kiyai yang sudah berjuang untuk membangun agama islam agar lebih maju dan baik bagi Bangsa dan Negara.

Sekian dan Terima kasih semoga bermafaat....


Posting Komentar untuk "Pentingnya Belajar Ilmu Agama di Pesantren"

Berlangganan via Email