Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Platform Blogging Alternatif Selain WordPress

6 Platform Blogging Alternatif Selain WordPress
6 Platform Blogging Alternatif Selain WordPress 
MegisterMuda. Berbicara tentang blogging pasti banyak yang sudah tahu akan kenikmatan yang bisa di rasakan dari menulis artikel. 

Nah bagi sobat yang sedang menggeluti blogging menggunakan platform WordPress lalu merasa bosan dengan platform tersebut, tenang saja saya akan berbagi platform alternative lain yang bisa di pakai untuk blogging selain WordPress. 

1. Blogger

Blogging platform keluaran google ini mungkin merupakan yang paling populer di Indonesia, hal ini disebabkan karena :
  • Salah satu blogging platform yang sudah lama melintang di dunia blogger. 
  • Gratis, dan cukup mudah digunakan. 
  • Produk google, sehingga bersifat well-advertised
Blogging platform ini dipilih oleh banyak orang karena blogger dapat membuat blog sebagaimana yang sobat inginkan, mengganti template dan mengubah theme sesuai kesukaan sobat.

Bila salah satu tujuan sobat adalah mendapatkan uang dengan blogging, blogger platform lebih mudah mendapatkan approval dari google adsense.

Platform ini sangat mudah digunakan untuk pemula, namun saat sobat sudah mulai handal dalam blogging, sobat mungkin akan mulai menemukan beberapa keterbatasan dengan platform ini.

Kekurangan dari platform ini adalah, nama domain sobat akan memiliki .blogspot extensio. 

2. Tumblr

Satu hal yang membuat tumblr terkenal adalah faktor visual. Tumblr biasanya digunakan oleh blogger pemula yang ingin menunjukkan karya desain, gambar, fotografi, dan karya seni lainnya.

Tumblr terkenal karena kemudahannya dalam penggunaan. Sobat bisa saja membuat akun tumblr dan langsung menggunakannya untuk membuat blog sobat dan proses desain serta kostomisasinya pun hanya sekejap mata.

Untuk beberapa blogger yang sudah cukup berpengalaman, mungkin platform ini sedikit mengecewakan, namun bila sobat menggunakannya untuk menunjukkan karya seni sobat yang faktor utamanya adalah faktor visual, maka tumblr dapat menjadi pilihan . 

3. Joomla 

Blogger kelas menengah dan yang sudah ahli menggunakan joomla karena fleksibilitasnya. Joomla menawarkan fitur – fitur yang tidak ada dimiliki oleh wordpress. 

Penggunaan joomla mungkin akan menyebabkan sobat untuk mempelajarinya untuk waktu yang tidak sedikit, namun bila sobat sudah terbiasa, maka sobat akan terkesan dengan joomla.

Kelebihan lainnya saat sobat ingin menggunakan joomla, sobat tidak perlu mengerti HTML.

Mirip seperti wordpress, joomla juga menawarkan plugin yang bermanfaat untuk blog sobat.

Bila sobat sudah lama menggunakan blogger atau wordpress dan ingin mencoba platform yang lebih kompleks, joomla dapat menjadi pilihan juga. 

4. Drupal

Drupal dapat dikatakan sebagai platform yang sangat komprehensif. Script yang digunakan pada drupal sangat spesifik terhadap kegiatan programming, dengan kata lain drupal merupakan platform untuk programmer yang sudah ahli. 

Drupal menawarkan advance user management, page content management, dan fungsionalitas yang tinggi.

Namun untuk mengunakan drupal, sobat perlu meluangkan waktu supaya bisa menguasai platform ini.

5. Ghost

Ghost dengan cepat berkembang menjadi platform yang dikenal dunia. mengikuti jejak wordpress yang menawarkan downloadable platform dan online platform. 

Ghost merupakan platform gratis dan juga menyediakan jasa self-hosted yang berkisar $5 – 80$ perbulan tergantung spesifikasi hosting yang sobat inginkan. 

Ghost memiliki interface yang unik, yaitu split-screen editor yang memungkinkan sobat untuk menulis draft di sebelah kiri dan melihat preview tulisan sobat di sebelah kanan. 

6. Silverback

Damian Sowers, pembuat silvrback memiliki tujuan untuk menangani masalah – masalah yang sering ia hadapi dalam blogging, maka dari itu Damian Sowers membuat blogging platform untuk dirinya sendiri. 

Damian Sowers mengutarakan alasan ia membuat silvrback karena tidak ada blogging platform yang dapat memberikan kepuasan baginya.

Silvrback menawarkan 14 days trial bila sobat ingin mencoba menggunakan blogging platform ini.

Mungkin itulah 6 platform alternatif selain WordPress yang bisa sobat coba. Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat. 

2 komentar untuk "6 Platform Blogging Alternatif Selain WordPress"

Berlangganan via Email