Beberapa Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Berbagai Penyakit

Buah Naga memang dikenal sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang memiliki bentuk eksotis ini mulai digemari dan dicari para pecinta buah karena khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Buah naga mempunyai beberapa jenis: Ada yang merah, hitam, kuning, putih dan ungu menjadi unggulan karena memiliki citarasa yang manis serta segar.

Buah naga berasal dari tanaman sejenis kaktus yang berasal dari Meksiko, Guatemala, dan El Salvador. Namun budidaya buah naga bukan hanya ada di negeri asalnya, tapi telah menyebar hingga ke Asia seperti  Indonesia, Vietnam, Thailand, Bangladesh. Buah naga memiliki warna daging yang berbeda, yaitu buah naga dengan daging buah berwarna putih dan merah.

Buah naga menjadi salah satu buah yang akhir-akhir ini banyak diminati. Rasanya yang sedikit manis namun dengan banyak kandungan air membuat buah naga terasa sangat segar. Apalagi saat siang hari, enak sekali menikmati es buah naga. Tampilan buah naga memang sangat unik beda dengan buah-buah lainnya. Kulitnya berwarna pink , merah, atau agak keunguan dengan jumbai-jumbai yang nampak seperti sisik naga. Karena bentuknya itulah buah ini dinamai buah naga.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Bayi
Beberapa Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Berbagai Penyakit
Sumber Gambar : Pixabay.com
Khasiat buah naga menjadi manfaat semua kalangan usia tak terkecuali  untuk bayi. Karena  di dalam 100 gram buah naga memiliki kandungan gizi yang dapat menunjang pertumbuhan sang bayi yakni kandungan protein,vitamin, mineral, serat, lemak, kalsium, riboflavin, fosfor, lemak, dan karoten. Dimana semua kandungan baik tersebut sangat diperlukan bagi bayi karena menunjang proses pertumbuhan.

Khasiat  buah naga untuk bayi :

1.Tingginya kandungan vitamin dan mineralnya membuat buah ini semakin naik pamornya dan dianjurkan untuk berbagai kalangan usia termasuk untuk bayi.  Membiasakan anak  sejak dini untuk mengkonsumsi buah naga akan menguatkan sistem imun dan membantu meningkatkan daya kerja otak.  Anak menjadi lebih cerdas dan terlindung dari berbagai penyakit.

2.Kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan  menjadikan buah naga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Teksturnya yang lembut sangat cocok dikonsumsi bayi. Misalnya, dengan diolah menjadi bubur. Yakni dengan merebus buah naga dicampur pisang hingga lunak, kemudian dihaluskan. Dapat ditambahkan susu dan aduk hingga rata. Sajikan sebagai bubur setelah dingin.

3.Kandungan lain yang baik untuk kesehatan mata dan menguatkan otak adalah karotin. Selain itu karotin juga dapat mencegah masuknya berbagai penyakit kedalam tubuh. Manfaat buah naga untuk bayi kali ini dapat kalian siasati dengan menyajikannya menjadi jelly buah naga. Karena masih bayi maka untuk pengkonsumsiannya sobat dapat menghaluskan jelly buah naga kemudian sobat berikan kepada bayi. Sehingga aman untuk pencernaannya yang masih lembut.

Efek samping mengkonsumsi buah naga sejauh ini belum ada, sehingga manfaat buah naga untuk bayi sangatlah berdampak baik bagi tumbuh kembang sang bayi. Tunggu apalagi segera rasakan khasiat buah naga. Dengan rutin mengonsumsinya maka  bayi anda sehat, masa depan pun akan cerah.

Manfaat Buah Naga Untuk Diabetes

Buah naga memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, karbohidrat, dan serat, namun rendah kalori. Karena itu buah naga dipercaya mampu mengatur kadar gula darah, mengurangi kolesterol dalam tubuh, serta merupakan buah dengan banyak antioksidan yang mempu menjaga kesehatan kulit. Biji buah naga yang berbentuk seperti selasih mengandung asam lemak omega-3, sementara daging buah yang berwarna merah atau putih memiliki banyak kandungan magnesium dan kalsium.

Karena kemampuannya mengatur kadar gula darah inilah, banyak dokter menganjurkan pasien yang terkena diabetes untuk sering mengkonsumsi buah naga baik basah atau pun kering. Selain mengatur gula darah, buah naga juga bermanfaat untuk mengontrol kadar insulin yang dikeluarkan. Dengan begitu besarnya manfaat buah naga untuk mengobati diabetes, sudahkah sobat mengkonsumsi buah naga hari ini?. Jangan lupa rutin mengkonsumsi buah naga.

Baca Juga :


Manfaat Buah Naga Untuk Mengobati Ginjal

Manfaat buah naga untuk kesehatan kita sangatlah besar. Salah satunya adalah mengobati penyakit ginjal. Tanda-tanda penyakit ginjal memang kadang sulit dideteksi, ataupun kadang penderita juga mengabaikannya. Biasanya setelah terasa sakitnya baru kemudian mencari obatnya. Ginjal merupakan organ vital yang sangat penting.

Ginjal merupakan penyaring cairan yang masuk kedalam tubuh dalam proses mengeluarkan sisa proses metabolisme. Jadi bisa dibayangkan bagaimana sisa-sisa metabolisme seharusnya dibuang, namun karena adanya penyakit membuat sisa metabolisme ini gagal dibuang dan kembali beredar dalam tubuh. Tentu saja menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh kita.

Tahukah sobat bahwa kandungan serat pada buah naga mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram tentu hal ini sangat baik. Serat sangat penting bagi proses pencernaan kita untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir kolesterol kemudian dikeluarkan bersama tinja.

Menurut Al Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, buah naga bermanfaat sekali untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah, mengurangi tekanan emosi serta menetralkan racun dalam darah. Buah naga juga memiliki kandungan kalium, zat besi, protein, kalsium yang baik untuk mentralkan racun dalam darah, meningkatkan daya tahan dan menurunkan resiko hipertensi.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut manfaat buah naga untuk obat ginjal

Cara yang pertama adalah mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh kurang lebih 1.5 liter. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu air juga berfungsi untuk membilas racun serta zat sisa metabolisme yang dialirkan melalui ginjal. Jika zat sisa metabolisme ini tertumpuk,  maka akan menyebabkan tersumbatnya saluran kencing yang disebut dengan batu ginjal. Maka dari itu jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi air putih untuk meringankan kerja ginjal agar tubuh tetap sehat.

Cara yang kedua adalah dengan mengkonsumsi buah naga untuk mengobati penyakit ginjal. Sejak lama buah naga dikenal mampu mengatasi masalah ginjal. Dalam buah naga terkandung Zat Tokoperol yang dipercaya membantu meluluhkan batu ginjal yang tertimbun dalam saluran pembuangan ginjal. Maka bisa dikatakan apabila buah naga dan air putih adalah cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal serta obat ginjal yang alami dan murah.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga atau tekenal dengan sebutan dragon fruit, merupakan tanaman dalam keluarga kaktus yang memiliki buah. Awalnya buah naga hanya dimanfaatkan untuk hiasan karena memiliki warna merah yang mencolok, namun setelah diteliti ternyata buah naga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Mulailah buah naga dikembangbiakan untuk keperluan konsumsi.

Daging buahnya berwarna merah atau putih dengan taburan biji seperti selasih yang menyebar diseluruh daging buah. Buah naga bukan hanya sekedar buah biasa, namun juga dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan oleh masyarakat etnis Cina bagi yang memakannya, terlebih saat hari hari besar seperti imlek.

Apakah buah naga baik untuk ibu hamil ?

Buah naga merah memilik kandungan vitamin yang sangat baik, seperti kandungan vitamin C, asam folat, karoten, dan serat, yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Seperti kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan sel-sel darah merah dan mencegah bayi lahir dengan kekurangan pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect).

Berikut beberapa manfaat buah naga merah untuk ibu hamil :

1. Buah naga mengandung karbohidrat yang bermanfaat mencukupi kebutuhan karohidrat tubuh, karena biasanya ibu hamil sedikit malas untuk makan karena takut merasa mual. Dengan mengkonsumsi buah naga, diharapkan membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh.

2. Kandungan kalium, kalsium, potassium serta zat besi pada buah naga merah sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk  menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan kalsium juga baik untuk ibu serta proses pembentukan gigi dan tulang pada bayi.

3. Selain itu buah naga juga mengandung fitokimia, zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

4. Vitamin B1 dalam buah naga merah bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan membantu proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Mengubah karbohidrat menjadi energi serta penyerapan protein. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan ibu hamil cepat lelah.

Nah itulah Beberapa manfaat buah naga yang perlu sobat ketahui sekarang juga agar kesehatan sobat dapat terjaga dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Berbagai Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel