Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Macam Sirkuit Dalam Dunia Elektronik Yang Harus Diketahui

Sirkuit dalam dunia elektronik merupakan komponen dasar yang perlu sobat ketahui, jika sobat semuanya suka dalam istilah rakit-merakit barang elektronik maka hal yang paling utama adalah mempelajari beberapa macam sirkuit elektronik.

Rangkaian listrik atau Sirkuit listrik yang memakai komponen Elektronika AKTIF dan PASIF seperti Transistor dan Sirkuit Terpadu (IC Chip), Resistor, Kapasitor. Rangkaian atau Sirkuit Elektronik bisa bersifat sangat kompleks. Terdiri dari 5 Komponen Elektronik, seperti :

  1. Resistor
  2. Transistor
  3. Kapasitor
  4. Induktor
  5. Dioda
4 Macam Sirkuit Dalam Dunia Elektronik Yang Harus Diketahui
Sumnber Gambar : Pixabay.com

1. SIRKUIT TERPADU

Dihubungkan dengan kabel Konduktif atau jejak melalui arus listrik dapat mengalir. Kombinasi komponen dan kabel Memungkinkan berbagai operasi sederhana dan kompleks yang akan dilakukan:

  • Sinyal dapat diperkuat
  • Perhitungan dapat dilakukan
  • Data dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

SIRKUIT ELEKTRONIK Biasanya dikategorikan menjadi tiga bagian:
1. Rangkaian ANALOG
2. Rangkaian DIGITAL
3. Rangkaian HYBRID

Sirkuit dapat dibangun dari komponen diskrit dihubungkan dengan potongan Individu dari kawat, Jauh lebih umum untuk membuat Interkoneksi dengan Teknik Photolithographic pada Substrat dilaminasi (Papan Sirkuit Cetak atau PCB) dan disolder untuk Interkoneksi. Dalam Sirkuit Terpadu atau IC, komponen dan interkoneksi terbentuk pada Substrat yang sama, biasanya Semikonduktor seperti Silikon atau Gallium Arsenide.

2. SIRKUIT ANALOG

Rangkaian Tegangan saat ini atau mungkin berbeda terus menerus dengan waktu untuk sesuai dengan Informasi yang diwakili.
Sirkuit Analog Dibangun dari dua blok bangunan Fundamental yaitu Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel.

Rangkaian SERI

Yaitu Arus yang sama melewati serangkaian komponen. Sebuah string lampu Berjalan adalah contoh yang baik dari rangkaian seri.

Rangkaian PARALEL

Yaitu semua komponen yang terhubung ke tegangan yang sama, dan membagi arus antara berbagai komponen sesuai dengan perlawanan mereka.

3. SIRKUIT DIGITAL

Sinyal-Sinyal Listrik mengambil nilai-nilai Diskrit, untuk mewakili nilai-nilai logis dan numerik. Nilai-nilai ini mewakili informasi yang sedang diproses.
Dalam sebagian besar kasus, Encoding Biner digunakan:

a. Tegangan yang lebih Positif  5 V Merupakan Biner '1'
b. Tegangan nilai dekat Ground 0 V M​erupakan Biner '0'.

Sirkuit Digital membuat ekstensif menggunakan transistor, yang saling berhubungan untuk membuat gerbang logika yang menyediakan fungsi logika Boolean: AND, NAND, OR, NOR, XOR dan semua kemungkinan kombinasi daripadanya.

3. SIRKUIT HYBRID (Analog & Digital)

Mengandung unsur-unsur dari kedua Sirkuit ANALOG dan DIGITAL, Contohnya termasuk :
Pembanding Timer, Loop fasa-terkunci, Konverter Analog-ke-Digital, Konverter Digital-ke-Analog. Yang paling modern radio dan komunikasi sirkuit menggunakan sirkuit sinyal campuran. Misalnya :

Dalam Radio Penerima, Sirkuit Analog digunakan untuk memperkuat dan mengkonversi Frekuensi sinyal sehingga mereka mencapai keadaan yang cocok untuk dikonversi menjadi nilai Digital, setelah pemrosesan sinyal lebih lanjut dapat dilakukan dalam domain Digital.

4. SIRKUIT BREADBOARD

Project Board atau yang sering disebut sebagai BreadBoard adalah dasar konstruksi sebuah sirkuit elektronik dan merupakan prototipe dari suatu rangkaian elektronik. Di zaman modern istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada jenis tertentu dari papan tempat merangkai komponen, dimana papan ini tidak memerlukan proses mensolder ( langsung tancap ).
Nama Lain dari PROJECT BOARD yaitu, Breadboard, PerfBoard, ProtoBoard, StripBoard.

Nah mungkin itu saja pembahasan saya kali ini tentang 4 Sirkuit dalam Dunia Elektronik yang wajib kalian tahu. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Macam Sirkuit Dalam Dunia Elektronik Yang Harus Diketahui"

Berlangganan via Email