Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menentukan Target Audience Pada Blog

Dalam aktivitas blogging, menentukan target audience merupakan hal yang harus dicermati dengan teliti sebab segala konten yang ada di blog akan dikomunikasikan kepada audience. Beragam jenis orang-orang memiliki kemungkinan untuk mengakses halaman blog/ website sahabat sehingga konten pun harus disesuaikan dengan karakter serta latar belakang pengunjung.

Mengetahui target audience dengan tepat merupakan hal yang bisa mempermudah dalam hal menentukan strategi yang digunakan untuk menarik perhatian mereka dalam mengunjungi halaman blog/ website. Menetapkan target audience dalam dunia blogging adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan saat ngeblog.

Target audience adalah orang-orang yang nantinya akan mengunjungi halaman blog/ websites kita. Dengan demikian maka dalam menulis konten pada blog Sobat bisa memilih konten yang paling relevan untuk mereka, tentunya dengan penyampaian melalui gaya bahasa yang bisa dengan mudah dipahami dan materi yang relevan. Ingat, audience ini adalah orang-orang yang akan membayar sobat nantinya, jadi jangan sampai kalian tidak paham karakteristik mereka terlebih jika mengecewakannya.
Cara Menentukan Target Audience Pada Blog
Sumber Gambar : Pixabay.com
Dalam artikel yang bersumber dari www.business.tutsplus.com yang ditulis oleh Celline Roque, How to Define a Target Audience (For Your Marketing Plans) menjelaskan dan mendeskripsikan tentang apa itu target audience, bagaimana mengidentifikasinya, menggunakan target market tool dan menguji target pasarnya.

Berikut Cara Menentukan Target Audience Dalam Sebuah Blog.

Apa Itu Target Audience ?

Target Audience atau yang juga dikenal sebagai target market merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis. Karena tanpa mereka, bisnis sobat akan menjadi hal yang sia-sia. Setiap bisnis memiliki target audience yang berbeda, tergantung dari jenis bisnis apa yang dijalankan, serta goal apa yang ingin dicapai.

Target Audience adalah orang-orang (baik individu maupun golongan) sebagai potensi yang sobat gunakan untuk produk dan layanan sobat. Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang ini adalah target audience/ target pemirsa/ target market/ target costumer.

Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis yang dipasangkan dengan Target Audience potensial:
  • Ide Bisnis
  • Potensial Target Audience
  • Wedding Photography
  • Pasangan yang baru/ akan bertunangan
  • Layanan hukum
  • Pemilik rumah dengan jarak yang tinggal di radius 10 mil dari kantor sobat
  • Graphic designer
  • Usaha kecil dan menengah yang menjual produk high-end
  • Public speaker
  • Perusahaan di industri jasa pelanggan
  • Gym seni bela diri
  • Orang dewasa di kota sobat yang menginginkan pelatihan untuk bela diri
  • Kursus meditasi online
  • Stressed Profesional dalam pekerjaan dengan tekanan yang tinggi
Dalam contoh diatas saya beropini bahwa dalam kaitan Target Audience pada Blog atau Website bisa dikatakan sebagai berikut :

Bahwa ide bisnis = Niche pada Blog yang diterapkan dengan target audience yang berhubungan atau berkaitan dengan Niche tersebut.

Contoh :
  • Niche
  • Sub Niche
  • Potensial Target Audience
  • Photography
  • Editing, Lighting, Outdoor Photos, Studio Photos, Groups, Portraits, Photo Design, Dll 
Orang-orang yang berkaitan (kelompok/ individu) bisa ditemukan di berbagai club/ organisasi/ forum, daerah/ wilayah, usia, hobi, dan lain sebagainya. Mengidentifikasi target audience akan lebih mempermudah dalam menentukan target. Seperti :

1. Travel
  • Restoran, Hotel, Transportasi, Kebudayaan, Review, Dll
2. Hewan
  • Anjing, Kucing, Perawatan Hewan, Peternakan, Pelatihan Hewan, Dll
3. Blogging
  • Web traffic, Social Media, Affiliate Marketing, Services, Sponsored Posting, Ads, Design, WordPress, Themes, Dll
4. Kesehatan
  • Kanker, Tumor, Malaria, Perawatan Tubuh, Anti Racun, Obat Tradisional, Dll
5. Olahraga
  • Basket, Sepakbola, Renang, Tinju, Dll
Apa Manfaat Mengetahui dan Menentukan Target Audience ?

Untuk menyelesaikan masalah pemasaran ini tentu adalah dengan cara mengidentifikasi dan mengenal karakteristik target audience dengan sangat baik. Sebagai hasil dari mengidentifikasi dan mengenal target audience, sobat akan mengetahui beberapa manfaat berikut :
  • Mengetahui apa yang ingin mereka pahami.
  • Mengetahui seperti apa gaya bicara mereka secara online.
  • Untuk menjalin hubungan dan membangun reputasi.
  • Sebagai target promosi kita nantinya.
  • Mengetahui produk dan layanan yang akan sobat tawarkan.
  • Mengetahui berapa harga yang harus ditetapkan untuk produk dan layanan sahabat.
  • Mengetahui Jenis materi pemasaran yang sobat perlukan (sebuah situs web, selebaran, poster, iklan radio, posting blog, dll.)
  • Mengetahui Manfaat dan fitur yang akan sobat soroti dalam materi pemasaran.
  • Mengetahui Kata kunci dan Niche yang tepat yang akan sobat gunakan dalam salinan pemasaran sobat.
  • Mengetahui Desain materi pemasaran sobat.
  • Mengetahui Di mana sobat akan mengirim atau menampilkan materi pemasaran.
  • Mengetahui Dimana sobat akan beriklan.
  • Bagaimana Mencari dan Menemukan Target Audience ?
Sekarang sobat tahu mengapa target audience sangat penting, saatnya memilih grup audience pertama sobat supaya sobat bisa memulai untuk Blogging yang baik. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. sekian dan terimakasih.

2 komentar untuk "Cara Menentukan Target Audience Pada Blog"

Berlangganan via Email